Netgear ReadyNAS 102:Spesifikasi Tinggi untuk Pengguna Rumahan

Selasa, 26 November 2013

Netgear ReadyNAS 102:Spesifikasi Tinggi untuk Pengguna Rumahan



CHIP.co.id - Meskipun ditujukan untuk pengguna rumahan, NETGEAR ReadyNAS 102 hadir dengan desain yang cukup serius. Secara fisik, hal ini terlihat dari material besi serta alumunium yang digunakan pada bodi. Meski terasa sedikit berat, namun NAS ini terasa kokoh berkat penggunaan material tersebut. Tidak hanya bodi bagian luar saja, bracket hard disk yang dimilikinya juga menggunakan material besi.


Namun untuk mengaitkan hard disk ke dalam bracket, Anda masih dihadapkan dengan pengait plastik yang sedikit rentan. Walaupun berbahan plastik, namun dengan adanya pengait tersebut, Anda tidak lagi memerlukan obeng pada saat memasang hard disk.


NAS yang memiliki dua buah drive bay ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi untuk pengguna rumahan. Di dalamnya, tertanam sebuah prosesor berbasis ARM, yaitu Marvell Armada 370 yang berjalan pada kecepatan 1,2 GHz. Selain prosesor, NETGEAR ReadyNAS 120 juga menyertakan RAM sebesar 512 MB. Tidak hanya mendukung hard disk 3,5 inci saja, dua buah drive bay yang dimilikinya juga mendukung hard disk 2,5 inci serta SSD. Masing-masing drive bay tersebut, dapat diisi dengan media penyimpanan berkapasitas 4 TB sehingga sehingga NAS ini dapat menampung hingga 8 TB. Sementara untuk sistem operasi, NETGEAR ReadyNAS 102 menggunakan ReadyNAS OS.


Pada sisi belakang, NETGEAR ReadyNAS 102 dilengkapi dengan dua buah port USB 3.0 serta satu buah port eSATA. Selain untuk memaksimalkan kecepatan transfer data, port USB tersebut juga dapat digunakan untuk mengoneksikan printer. Jika data yang ingin dipindahkan tidak terlalu banyak, Anda dapat memanfaatkan satu buah port USB 2.0 yang berada di sisi depan.


Selain port USB 2.0 dan tombol Power, di sisi depan juga terdapat tombol Backup. Untuk menjaga suhu hard disk yang berada di dalam drive bay, NAS ini mengandalkan kipas berdiameter 9 cm yang terpasang pada sisi belakang. Pada saat keadaan normal, kipas ini hanya berjalan pada kisaran 800 RPM sehingga terasa hening.


Editor : Insaf Albert Tarigan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar